Tujuh Kebiasaan Membuat Pinggang Ramping

Posted on Desember 12, 2010

0


Memperoleh pinggang ramping dan perut rata bukanlah sekadar mimpi. Siapa pun dapat meraihnya dengan tekad dan disiplin yang kuat. Tentu saja dengan menerapkan kebiasaan baik dalam menjalankan rutinitas sehari-hari.

1. Tenang
“Terlalu banyak stres dapat menyebabkan perut gendut. Stres meningkatkan kadar kortisol, hormon yang menggiring lemak langsung ke tengah perut,” ujar Jacob Seidell, PhD, dari National Institute of Public Health di Bilthoven, Belanda.
Untuk menjaga kadar kortisol tetap rendah, cobalah peredam stres ini selama lima sampai sepuluh menit: Cari tempat yang tenang dan nyaman untuk duduk. Selanjutnya, tarik napas dalam-dalam dan embuskan perlahan untuk menjernihkan pikiran Anda. Ulangi beberapa kali. Teruskan bernapas dalam-dalam dan dengungkan kata ‘mmm’ saat mengembuskan napas. (Jika perhatian Anda teralihkan, kembalikan perhatian Anda pada kata ‘mmm’). Lakukan lima sampai menit sekali atau dua kali dalam sehari.
2. Hindari Alkohol
Segelas anggur bisa jadi merupakan penyebab mengapa baju Anda jadi lebih sempit akhir-akhir ini. Alkohol juga cenderung meningkatkan kadar kortisol, mengirimkan lemak ke perut.
3. Berhenti Merokok
Jangan percaya rumor bahwa rokok dapat membuat badan kurus! Faktanya, para perokok cenderung memiliki lebih banyak lemak pada bagian abdominal dibandingkan mereka yang tidak merokok. “Ketika seseorang berhenti merokok, jumlah lemak Abdominal mereka sebenarnya juga menurun,” kata Seidell.
4. Makan Lebih Banyak Serat
Serat tidak hanya baik untuk keseluruhan program penurunan berat badan, namun juga dapat mencegah sembelit yang dapat menyebabkan perut membuncit.Konsumsi setidaknya 22 hingga 25 gram serat dalam sehari yang bersumber dari gandum, buah-buahan, dan sayuran.
5. Banyak Minum
Bagi Anda yang memasuki masa sebelum haid (premenstrual), perut akan terasa kembung. Minum air sebanyak-banyaknya untuk mengurangi perut mengembang saat menjelang atau masuk waktu haid.
6. Kuatkan Tulang
Osteoporosis dapat menyebabkan tulang punggung membengkok dan posisi tubuh jadi membungkuk. Hal tersebut pada akhirnya memperpendek rongga perut dan mau tak mau posisi perut membuncit.
Jika Anda berusia 50 tahun atau lebih, pastikan Anda mendapatkan 1200 mg kalsium setiap hari dari makanan yang dimakan dan atau dari suplemen.
7. Tingkatkan Detak Jantung
Semua latihan abdominal yang ada bertujuan untuk menghilangkan lemak yang bersembunyi di balik perut Anda. Cara terbaik untuk menghilangkannya adalah dengan latihan aerobik selama 45-60 menit, sebanyak lima kali seminggu.(http://preventionindonesia.com/ULF)
Posted in: PENGOBATAN