Kopi dan Teh Lindungi Jantung Anda

Posted on Desember 12, 2010

0



Sebuah studi selama 13 tahun dari Belanda telah menemukan bahwa dengan meminum beberapa cangkir teh atau kopi sehari dapat melindungi Anda terhadap penyakit jantung. Penelitian yang dilakukan terhadap 40.000 orang ditemukan bahwa mereka yang minum lebih dari enam cangkir teh sehari menunjukkan terjadinya pengurangan resiko penyakit jantung. Ini menambah bukti yang menunjukkan akan manfaat kesehatan dari minuman panas yang paling populer.

Mengkonsumsi antara dua sampai empat cankir kopi perhari juga dikaitkan dengan penurunan risiko terkena serangan jantung. Sementara efek perlindungan berhenti dengan lebih dari empat cangkir kopi sehari, bahkan mereka yang minum sebanyak ini cenderung mencegah penyakit jantung termasuk stroke dan kanker, dibanding mereka yang tidak pernah minum kopi maupun teh sama sekali.

Kopi memiliki sifat untuk berpotensi meningkatkan kolesterol, namun juga memerangi kerusakan inflamasi yang terkait dengan penyakit jantung. Ada laporan yang bertentangan mengenai apakah susu secara substansial mempengaruhi polifenol diyakini sebagai zat yang paling bermanfaat dalam teh. Sebuah laporan lain dari jurnal Yayasan Jantung Amerika menemukan bahwa orang yang meminum dua sampai empat cangkir kopi ataupun teh dapat menurunkan 20 % resiko penyakit yang dapat menyerang tubuh.

“Pada dasarnya ini merupakan berita baik bagi mereka yang senang minum teh dan kopi. Minuman ini muncul untuk menawarkan manfaat bagi jantung tanpa meningkatkan resiko kematian dari penyakit lain,” kata Profesor Yvonne van der Schouw, kepala peneliti.

Ellen Mason, Perawat Senior di Yayasan jantung Inggris, mengatakan, “Studi ini menambahkan bukti yang cukup banyak bahwa minum teh dan kopi pada kenyataanya tidak berbahaya bagi kebanyakan orang, bahkan dapat menurunkan risiko terkena atau meninggal karena penyakit jantung.

Perlu diingat bahwa sebuah gaya hidup yang sehat secara keseluruhan adalah hal yang sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung Anda dalam kondisi puncak. Menghisap rokok sambil meninum kopi sama sekali tidak bermanfaat, sementara banyak minum teh di depan televisi selama berjam-jam tanpa berolahraga tidak mungkin dapat melindungi jantung sama sekali, demikian penelitian tersebut menyarankan.(BBC/DES/AYB)
sumber;http://kesehatan.liputan6.com/berita/201006/282463/Kopi.dan.Teh.Lindungi.Jantung.Anda

Posted in: PENGOBATAN