Pemanasan Ultrasound untuk Kanker Payudara

Posted on November 12, 2010

0


Liputan6.com, Den Haag : Seorang dokter asal Belanda mencoba perawatan baru untuk pasien kanker payudara dengan menggunakan pemanasan ultrasound guna membunuh sel tumor. (10/11).

Energi ultrasound tersebut akan menghasilkan panas sekitar 60 sampai 90 derajat Celcius dengan menggunakan teknik USG. Energi panas yang dihasilkan menyebabkan sel-sel tumor mati dan dengan demikian sel-sel tersebut dikeluarkan dari tubuh, pers lokal dari University Medical Center (UMC) mengatakan pada Selasa (9/10), seperti dirilis kantor berita Cina, Xinhua.

Selama pengobatan, dokter akan memonitor suhu dan lokasi tumor melalui Magnetic Resonance Imaging (MRI) scan. Dibandingkan dengan pembedahan tradisional, pengobatan USG kurang drastis. Karena pengobatan tersebut hanya membutuhkan anestesi lokal, pasien bisa pulang pada hari yang sama setelah dirawat. Pasien dibebaskan dari operasi, tapi mereka masih harus melewati terapi radiasi.

Pada tahap pertama dari percobaan pengobatan tersebut, dokter menggunakan USG untuk tumor jinak pada perawatan payudara untuk menguji keamanan dan ketepatan teknik ini. (Vin)

Posted in: NEWS