Konsumsi Kacang Saat Hamil Sebabkan Alergi

Posted on November 12, 2010

0



Liputan6.com, Washington DC: Anak-anak yang ibunya banyak mengonsumsi kacang selama masa kehamilan dimungkinkan meningkatkan risiko alergi kacang. Namun para peneliti menolak rekomendasi itu karena penelitian itu belum sepenuhnya jelas.

“Hasil studi tersebut telah gugur dari dua sisi,” kata Dr. Scott. H.Sicherer, salah seorang peneliti dari Mount Snai School of Medicine di New York City, Senin (8/11).

Dalam penelitiannya, Sicherer dan koleganya meneliti di lima lokasi, di beberapa negara dengan melibatkan 500 bayi berusia 3 sampai 15 bulan yang alergi terhadap susu dan telur, tapi tidak ditemukan alergi pada kacang.

Para peneliti juga menemukan, seperempat dari mereka menampakkan suatu reaksi keras terhadap sebuah test “sensitivitas” terhadap kacang. Anak-anak yang ibunya mengonsumsi kacang selama hamil hampir tiga kali dari biasanya menunjukkan indikasi alergi yang cukup potensial dibandingkan anak-anak yang ibunya yang menghindari kacang.

Selanjutnya, Sicherer dan para koleganya melaporkan dalam Journal of Allegy and Clinical Immunology, bahwa makin banyak kacang yang dikonsumsi para ibu selama hamil, makin besar resiko bayinya ke arah positif. (Ant/Reuters)

Posted in: NEWS