Pengobatan Radang Amandel dengan Jeruk Nipis

Posted on November 9, 2010

0



Radang amandel (bahasa Inggris: tonsillitis) adalah infeksi pada amandel yang terkadang mengakibatkan sakit tenggorokan dan demam. Secara klinis peradangan ini ada yang akut (baru), ditandai dengan nyeri menelan (odinofagi), dan tidak jarang disertai demam. Sedangkan yang sudah menahun biasanya tidak nyeri menelan, tapi jika ukurannya cukup besar (hipertrofi) akan menyebabkan kesulitan menelan (disfagia) (Wkipedia).

Gejala
Gejala-gejala amandel antara lain; penderita merasa tegorokan terasa kering, atau rasa mengganjal di tenggorokan (leher), nyeri saat menelan (nelan ludah ataupun makanan dan minuman) sehingga menjadi malas makan, nyeri dapat menjalar ke sekitar leher dan telinga.

Gejala lain berupa demam, sakit kepala, kadang menggigil, lemas, nyeri otot disertai batuk, pilek, suara serak, mulut berbau, mual, kadang nyeri perut, pembesaran kelenjar getah bening (kelenjar limfe) di sekitar leher. Terkadang penderita tonsilitis (kronis) mendengkur saat tidur (terutama jika disertai pembesaran kelenjar adenoid (kelenjar yang berada di dinding bagian belakang antara tenggorokan dan rongga hidung).

Pengobatan Radang Amandel dengan Jeruk Nipis

  1. Bahan : Jeruk nipis ( 1 buah), rimpang kunyit sebesar ibu jari ( 1, 5 buah), 2 sendok makan madu.
  2. Cara pembuatan : jeruk nipis diperas untuk diambil aimya, kunyit diparut dan diperas untuk diambil airnya, kemudian dicampur dengan madu dengan ditambah 1/2 gelas air, diaduk sampai merata, dan disaring.
  3. Cara menggunakan: diminum 2 hari sekali secara teratur.
Posted in: Uncategorized