Belimbing Wuluh Obat Herbal Berbagai Penyakit

Posted on November 7, 2010

0


Saya janji akan membahas Belimbing Wuluh buat anda, dan hari ini artikel tentang Belimbing Wuluh ini telah selesai saya buat, mudah-mudahan bermanfaat.

Belimbing Wuluh (Averrhoa bilimbi L.) adalah jenis pohon belimbing yang berasal dari Amerika Tropis, saya tidak tahu pasti bagaimana bentuk pohonnya karena dikampung saya tidak terdapat Belimbing jenis ini, namun Guru saya ketika baru pulang dari Riau pernah membawa Belimbing Wuluh ini dan memperlihatkannya kepada saya. Belimbing ini ternyata banyak khasiatnya seperti mengobati batuk, sariawan, perut sakit, gondongan, rematik, gusi berdarah, sakit gigi berlubang, jerawat, panu, tekanan darah tinggi (hipertensi), kelumpuhan, meperbaiki fungsi pepencernaan, radang rectum , dan lain-lain.

Kata Guru saya, Pohon ini tingginya bisa mencapai 10 m dan berbatang sedang. Belimbing wuluh mempunya batang kasar berbenjol-benjol, bercabang sedikit dan arahnya condong ke atas. Cabang yang masih muda berambut halus seperti beludru berwarna coklat muda. Daunnya majemuk menyirip ganjil dengan 21-45 pasang anak daun. Anak daun memiliki tangkai yang pendek, bentuknya bulat telur , berujung runcing, pangkalnya membundar, tepi rata, panjangnya sekitar 2-10cm dan lebar 1-3cm, berwarna hijau dan permukaan bawahnya hijau muda.

Buahnya berbentuk bulat lonjing bersegi, panjangnya sekitar 4-7cm, warna hijau kekuningan, bila telah masak mengandung banyak air, rasanya kecut (asam), bijinya berbentuk bulat telur rasanya asam sering digunakan sebagai penyegar dari sirop, bahan penyedap makanan, bahan obat tradisional, dapat juga digunakan untuk kepentingan rumah tangga yaitu untuk membersihkan noda pada kain, mengkilapkan barang yang terbuat dari kuningan, membersihkan tangan yang kotor.

Nama local dari Belimbing wuluh: Limeng, selimeng, thlimeng (Aceh), selemeng (Gayo),; Asom, belimbing, balimbingan (Batak), malimbi (Nias),; balimbieng (Minangkabau), belimbing asam (Melayu),; Balimbing (Lampung). calincing, balingbing (Sunda),; Balimbing wuluh (Jawa), bhalingbhing bulu (Madura).; Blingbing buloh (Bali), limbi (Bima), balimbeng (Flores),; Libi (Sawu), belerang (Sangi).;

Bagian yang dapat dipakai untuk pengobatan:

BUAH : Dapat digunakan untuk sakit gigi berlubang, tekanan darah tinggi, gusi berdarah, batuk, jerawat, panu, memperbaiki pencernaan dan kelumpuhan

BUNGA : Untuk obat batuk dan sariawan

DAUN : Untuk obat sakit perut, gondongan dan rematik

Karena takut terlalu panjang tulisan saya, maka ramuan obat yang berbahan dasar belimbing wuluh akan saya postingkan apabila ada pertanyaan dari anda.

Semoga bermanfaat ya!, dan jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan.

NB: Jika anda suka artikel ini, silakan share ke teman FACEBOOK anda. Cukup dengan meng-KLIK link ini! Terimakasih.
sumber:http://sovianchoeruman.wordpress.com/2010/02/17/belimbing-wuluh-obat-herbal-berbagai-penyakit/

Posted in: Uncategorized