Sirih Hijau Sirih Merah

Posted on November 6, 2010

0



daun sirih 56Ada pohon sirih yang ditanam ibu di pot. Karena pohonnya merambat, makanya potnya ditaro didekat tembok dan dipasang paku-paku besar ditembok untuk tempat batang-batang sirih yang nanti akan memanjang. Lama kelamaan pohon sirih ini malah merambat di tembok ya.

Dulu, cerita bapakku, dia suka banget makanin daun sirih, diajarin sama nenek, supaya giginya kuat. Memang sih sampe sekarang ini kayanya gigi bapak masih cukup oke ya, ga seperti ibu yang udah ada yang copot. Tukang jamu langgananku juga sering disuruh ibu untuk ambilin daunnya kalo daunnya dah terlalu banyak, buat camputan jamu.

daun sirih 836daun sirih 1010

Ini ada beberapa manfaat daun sirih (piper betle, linn.) yang terdapat dalam situs IPTEKnet.

1. Mengurangi produk ASI yang berlebihan
Bahan: 4 lembar daun sirih dan minyak kelapa secukupnya.
Cara membuat: daun sirih diolesi dengan minyak kelapa, kemudian dipanggang dengan api.
Cara menggunakan: dalam keadaan masih hangat ditempelkan di seputar buah dada.
2. Keputihan
Bahan: 7 – 10 lembar daun sirih.
Cara membuat: direbus dengan 2,5 liter air sampai mendidih.
Cara menggunakan: air rebusan daun sirih tersebut dalam keadaan masih hangat dipakai untuk membasuh/membersihkan seputar kemaluan secara berulang-ulang.
3. Sakit Jantung
Bahan: 3 lembar daun sirih, 7 pasang biji kemukus, 3 siung bawang merah, 1 sendok jintan putih.
Cara membuat: semua bahan tersebut ditumbuk sampai halus, ditambah 5 sendok air panas, dibiarkan beberapa menit, kemudian diperas dan disaring.
Cara menggunakan: diminum 2 kali 1 hari dan dilakukan secara teratur.
4. Sifilis
Bahan : 25 – 30 lembar daun sirih bersama tangkainya; 0,25 kg gula aren dan garam dapur secukupnya.
Cara membuat: semua bahan tersebut direbus bersama dengan 2 liter air sampai mendidih, kemudian disaring.
Cara menggunakan: diminum 3 kali 1 hari secara terus menerus.
5. Alergi/biduren
Bahan : 6 lembar daun sirih, 1 potong jahe kuning, 1,5 sendok minyak kayu putih.
Cara membuat: semua bahan tersebut ditumbuk bersama-sama sampai halus.
Cara menggunakan : Dioleskan/digosokkan pada bagian badan yang gatal-gatal.
6. Diare
Bahan: 4 – 6 lembar daun sirih, 6 biji lada, 1 sendok makan minyak kelapa.
Cara membuat: semua bahan tersebut ditumbuk bersama-sama sampai halus.
Cara menggunakan: digosokkan pada bagian perut.
7. Menghentikan pendarahan gusi
Bahan: 4 lembar daun sirih.
Cara membuat: direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih
Cara menggunakan : setelah dingin dipakai untuk kumur, diulang secara teratur sampai sembuh.
8. Menghentikan pendarahan hidung (mimisen = Jawa)
Bahan: 1 lembar daun sirih.
Cara membuat: daun sirih digulung sambil ditekan-tekan sedikit supaya keluar minyaknya.
Cara menggunakan: dipakai untuk menyumbat hidung yang berdarah/mimisen.
9. Sakit gigi berlubang
a. Bahan: 1 lembar daun sirih.
Cara membuat: direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih
Cara menggunakan: setelah dingin dipakai untuk kumur,
diulang secara teratur sampai sembuh.
b. Bahan: 2 lembar daun sirih diremas, Garam 0,5 sendok
Cara membuat: diseduh dengan air panas 1 gelas, aduk sampai
garam larut, biarkan sampai dingin
Cara pemakaian: dipakai untuk berkumur-kumur.
10. Bronkhitis
Bahan: 7 lembar daun sirih dan 1 potong gula batu.
Cara membuat: daun sirih dirajang, kemudian direbus bersama gula batu dengan air 2 gelas sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas, dan disaring
Cara menggunakan: diminum 3 kali sehari 3 sendok makan
11. Batuk
a. Bahan: 4 lembar daun sirih.
Cara membuat: direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih
Cara menggunakan: setelah dingin dipakai untuk kumur, diulang
secara teratur sampai sembuh.
b. Bahan: 4 lembar daun sirih.
Cara membuat: direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih
Cara menggunakan: setelah dingin dipakai untuk kumur, diulang
secara teratur sampai sembuh.
c. Bahan: 4 lembar daun sirih, 3 lembar daun widoro upas dan
madu secukupnya.
Cara membuat: daun sirih diiris-iris, kemudian direbus bersama
daun widoro dengan 2 gelas air sampai mendidih
Cara menggunakan: setelah dingin dipakai untuk kumur, diulang
secara teratur sampai sembuh.
d. Bahan: 4 lembar daun sirih.
Cara membuat: direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih
Cara menggunakan: setelah dingin dipakai untuk kumur, diulang
secara teratur sampai sembuh.

…..

Beberapa waktu lalu, ibu tanam lagi pohon sirih, tapi bukan sirih biasa, melainkan sirih merah (piper crocatum). Ibu dapet batangnya buat ditanam dari temennya yang tinggalnya ga jauh dari rumah. Nah sekarang ini pohon sirih merahnya dah mulai berdaun dan mulai memanjang batangnya. Ga tau juga apakah rasa daunnya sama seperti daun sirih biasa ya? Mungkin nanti kalo daunnya dah agak banyak, aku pengen coba juga gimana rasanya.

daun sirih merah 831daun sirih merah 832

Sirih merah ini juga bisa dipakai mengobati penyakit juga ya, seperti diabetes, kanker, peradangan, hipertensi, diabetes dan ambeien. Jika dibuat teh herbal bisa mengobati asam urat, darah tinggi, kencing manis, maag atau kelelahan. “Saya sudah membuktikan sendiri,” tutur Bambang Sudewa dari Klinik Herbal Center (KHC), Yogyakarta, yang sembuh dari diabetes karena rajin mengunyah sirih merah dan kini memproduksinya menjadi teh herbal. (kutipan dari artikel Si Merah Pembawa Bahagia yang ada di Nova Online)

Nah ini ada juga satu resep yang menggunakan daun sirih merah untuk penyakit kanker paru-paru yang ada di BlueFame Forums, posting dari slemaniac.
cara mengolahnya :
– 3 lembar daun sirih merah diiris kecil2.
– panaskan air 3 gelas.
– masukkan daun sirih merah yg sudah diiris kecil2 tunggu hingga mendidih.
– diamkan sampai hangat lalu saring dalam gelas.
– campurkan madu secukupnya untuk menghilangkan rasa pahit.
– dalam 1 hari minum 3 gelas. pagi, siang, dan sebelum tidur
karna saya pengidap kangker paru2 stadium 2. misalkan bro / sis ada penyakit bronkitis obat ini juga dapat membantu dan dengan membaca doa.
untuk yg merasa perokok berat sebaiknya minum ini.

Foto-foto hasil jeprat jepret hape sony ericsson k800i.

sumberhttp://jepretanhape.wordpress.com/2009/01/05/sirih-hijau-sirih-merah/

Posted in: Uncategorized