Ubi Jalar Ungu

Posted on November 5, 2010

0




Seperti biasa Devan akan berbagi ilmu kembali mengenai tanaman ber-khasiat, oke tanpa panjang lebar lagi mari kita memulainya……..

Ubi Jalar ungu atau Ipomoea batatas var Ayamurasaki biasa disebut Ipomoea blackie karena memiliki klit dan daging umbi yang berwarna ungu kehitaman (ungu pekat). Ubi jalar ungu mengandung pigmen anthosianin yang lebih tinggi dari ubi jalar lain. Pigmennya lebih stabil dibandingkan anthosianin dari sumber lain seperti kubis merah, elderberries, blueberries, dan jagung merah.

Ubi jalar merupakan sumber karbohidrat dan sumber kalori yang cukup tinggi. Ubi jalar juga meerupakan sumber vitamin dan mineral, vitamin yang terkandung dalam bi jalar antara lain Vitamin A, vitamin C, thiamin (vitamin B1), dan ribovlavin. Sedangkan dari segi mineral yaitu, zat besi (Fe), Fosfor (P), dan kalsium (Ca).
Kandungan lainnya yaitu, protein, lemak, serat kasar, dan abu.

Tanaman ini jauh lebih sehat ddibandingkan pewarna industri, selain sehat ini juga dapat digunakan sebagai pewarna alami. Ubi jalar telah dikembangkan ke berbagai jenis makanan yaitu ice cream, syrup, dan anggur asam, dodol, dll.
Ubi jalar ungu juga baik untuk mendorong kelancaran peredaran darah.

Antosianin ubi jalar ungu juga memiliki fungsi fisiologis misal antioksidan, antikanker, antibakteri, perlindungan terhadap kerusakan hati, penyakit jantung dan stroke. Ubi jalar ungu dapat menjadi antikaker karena didalamnya ada zat aktif yang dinamakan selenim dan iodin dan dua puluh kali lebih tinggi dari jnis ubi lainnya.

Ubi jalar ungu memiliki aktivitas antidioksidan dan antibakteri 2,3 dan 3,2 kali lebih tinggi dapipada bebrapa varietas “blueberry”.
sumber:http://devanjer.blogspot.com/2010/06/ubi-jalar-ungu.html

Posted in: Uncategorized