SALAH PILIH TEMAN BERAKIBAT FATAL

Posted on Agustus 12, 2010

0


by.Imroah Soleha——-
“ Janganlah kamu cenderung kepada orang-orang yang dzalim yang menyebabkan kamu disentuh api neraka, dan sekali-kali kamu tiada mempunyai seorang penolong selain Allah maka kamu tidak akan diberi pertolongan.” (HUUd,113.)
Mencermati ayat diatas, bahwa salah pilih teman merupakan resiko berat yang berakibat fatal. Segalanya bias terjadi berantakan Karen pengaruh buruk kesalahan dalam pergaulan. Seperti firman Allah yang disebutkan diatas “ fatamassakumunnaaru,” api neraka akna menyentuhmu. Celakanya, Allah tidak akan memberikan pertolongan. Maka siapa lagi yang hendak bisa menolongmu ?
Dewasa ini, banyak diantara para siswa yang terkena DO (Drop Out) dari sekolahnya. Setelah diselidiki ternyata disebabkan sikap amoral siswa itu se3ndiri. Dan itu tidak terjadi dengan sendirinya, tapi disebabkan oleh factor eksternal.
Salah satu factor itu adalah teman. Kata orang bijak, “ Bila ingin mengetahui sifat seseorang, lihatlah temannya.”karena seorang teman pasti akan mempengaruhi sifat dan perilaku sseorang, entah itu disengaja atau tidak. Maka bila kita berteman dengan orang yang tidak baik dalam waktu yang cukup lama, sedikit banyak kita akan menjadi seperti dia. Karena itu wahai para remaja Islam, berhati-hatilah dalam memilih teman, karena teman yang baik akna menentukan sa’adah atau syaqowah diakhir perjalanan hidup kita nanti. Semoga kalian selamat dalam menempuh cita dengan sukses. Amiien…
Posted in: Artikel Tasawuf