PENAKLUK SEJATI

Posted on Agustus 12, 2010

0


by.Imroah Soleha——–
Walaupu seseorang menaklukkan seribu orang dalam seribu kali peperangan, ia yang menaklukkan dirinya sendiri adalah penakluk yang terbesar.
Pada zaman sekarang ini, banyak manusia yang ingin menguasai dan mengendalikan ornag lain. Mereka berlomba-lomba mencari kekuasaan, kedudukan, dan harta benda. Agar tidak ada seorangpun yang bisa memaksa mereka, agar semua orang tunduk kepada mereka. Alangkah baiknya kalau kita semua mneyadari bahwa lebih penting menaklukkan diri sendiri. Seorang ahli hikmah berkata “ bahwa menaklukkan diri sendiri adalah lebih baik dari pada menaklukkkan semua kerajaan di seluruh dunia, dan mengekang nafsu keinginan duniawi adalah lebih baik daripada memiliki seluruh kekayaan di dunia beserta isinya.”
Kita semua harus berusaha menakulkkan segala sifat negative yang ada dalam diri kita agar sifat itu tidak mnegjawantah dalam perbuatan kita sehari-hari. Sifat-sifat seperti itu angkuh, serakah, kikir, egois, boros, malas, cepat marah harus kita than agar tidak muncul kepermukaan. Kita ganti sifat-sifat itu dengan sifat-sifat ynag lebih positif sehingga lambat laun sifat-sifat negative itu akan bisa kita jinakkan dan kita tahlukkan.
Tapi tak bisa dipungkiri bahwa menghilangkan sifat-sifat negatife itu adalah suatu pekerjaan ynag cukup berat. Bahkan Rasulullah saw. Pun menyebutkan sebagai jihad terbesar yang harus dihadapi umat manusia; jihad memerangi hawa nafsu. Sehingga tidak heran kalau banyak yang gagal dalam jihad ini dan menyerah pada belenggu nafsu. Maka sesungguhnya orang yang berhasil menahlukkkan dirinya sendiri, adalah orang yang paling pantas untuk dijuluki PENAHLUK SEJATI.
Posted in: Artikel Tasawuf