MEMBINA MORAL WANITA

Posted on Agustus 12, 2010

0


by.Imroah Soleha——–
Telah tercatat dalam sejarah, bahwa hancurnya suatu bangsa dikarenakan jeleknya nilai moral pada masyarakat. Jadi, tegak bangsa karena budi, hilang budi hancurlah bangsa. Artinya, keagungan suatu bnagsa, tergadai oleh akhlaknya. Sejarah telah mencatat pula, bahwa wanita memilki peran utama dalam pembinaan atau penghancuran moral bangsa. Islam telah mengetengahkan resep jitu dalam upaya menyelamatkan serta menjaga wanita dari kehancuran moral. diantaranya :
1.    Sifat malu
Adalah sifat paling menonjol dalam menjauhkan wanita dari kekejian, menjaga diri dari jatuhnya moral dan lumuran noda, serta dapat dijadikan senjata untuk membangkitkan perilaku mulia. Apabila seseorang telah kehilangan sifat malu, besar kemungkinannya dia terjerumus pada jurang yang sangat membahayakan. Bukan hanya sekedar dekadensi moral tapi boleh jadi sampai pada tingkat murtad dari islam. Maka kita wajib menyelamatkan kaum wanitadengan menanamkan rasa malu sejak dini.
2.    Sifat Qona’ah
Untuk sifat menerima apa adanya. Apabila kaum wanita tidsk memiliki sifat qona’ah maka akan mendapatkan kesengsaraan dan siksaan yang keras dalam hal ini Rasulullah saw telah menegaskan : “ Api neraka telah dipersaksikan kepadfaku ternyata kebanyakan penghuninya adalah kaum wanita kufur.” Lalu ada sahabat bertanya : “ya Rasulullah apakah mereka kufur kepada Allah?Rosulullah menjawab tidak,mereka mengkufuri pemberian suaminya.(H.R.Bukhori).
3.sifat berani
Dalam diri wanita perlu ditanamkan sifat berani,agar dia dapat menanamkan secara kokoh sifat tersebut kepada anak-anaknya juga karena kepada mereka dibebankan dakwah,tersebut dibutuhkan kebranian,agar kebanaran dapat diterima oleh hati dan akal manusia.
4.sifat amanah
Dengan sifat amanah,orang akan mewndapatkan simpati,dicintai,dean mendapatkan kemuliaan dengaan tumbuh kembangnya sifat amanah,kecurangan dankesemene-menaan akan terkikis
5.sifat jujur
Dengan sifat jujur seseorang akan dapat rido Allah dan seorang wanita akaan bisa mwenanamkan sifat tersebut kepada anaknya.
6.sura wanita
Suara wanita adalah bagian dari aurat.kehalusan,kelembutan,dan kemerduan suara wanita dapat menggetarkan setiap hati lelaki bahgkan dapat menghancurkannya yang akhirnya akan terpikir dalam benak lelaki hal-hal yang berbau maksiat.maqkaa islam mengajarkan wanita untruk menjaga suaranya.lembut diantara wanita tegas dintara pria.
7.dilarang mempertontonkan perhiasan
Sebab dapat mengundang hal-hal negative disamping itu per4buatan itu juga termasuk perilaku kaum jahiliah..
8.dilarang mengenakan wewangian
Karena jika tercium oleh lelaki non muhrim bisa menimbulkan fitnah.
9.dilarang berbaur dengan lelaki lain
Jika hal itu dilakukan hal itu akan terjadi fitnah.
10.dilarang berjabat tangan dengan lawan jenis
Rosululloh bersabda “barang siapa menyentuh wanita yang bukan mahrom maka pada hari kiamat nanti bara api neraka akan diletakkan pada telapak tangannya.
11.dilarang menyerupai laki-laki
Ibnu abbas berkata “Rosulullah SAW melaknat lelaki yang bertingkahlaku menyerupai wanita dan wanita yang bertingkahlaku menyerupai lelaki”(H.R.Bukhori)
12.me3me3lihara akhlak
 Seorang wanita adalah tiang negara,begitu juga contoh bagi anaak-anaaknyaa.maka apabila seorang wanita tidak memelihara akhlaknya secara otomatis hal itu akan berpengaruh besar terhadap perkembangan anaaknya.
13.memelihara pandangan mata
W2anita diharuskan menjaga pandangannya karena bertemunya 2 pandangan yang bukan mahrom adalah dapat menggetarkan birahi serta terfitnahnya lelaki ketika memandang wanita,dem,ikian sebaliknya ketika wanita memandang lelaki.

Posted in: Artikel Tasawuf