Si Lumpuh dan Si Buta

Posted on Juli 26, 2010

0


——— Author: em.yazid ——–
Tanbihun.com — Pada suatu hari seorang lumpuh pergi ke sebuah warung dan duduk disamping seseorang yang sudah sejak tadi disana. ” saya tidak bisa datang ke pesta sultan, ” keluhnya, ” karena kakiku yang lumpuh sebelah ini aku tidak bisa berjalan cepat.”

Orang yang disebelahnya itu mengangkat kepalanya. ” saya pun diundang,” katanya,”tetapi keadaanku lebih buruk dari saudara. saya buta, dan tidak bisa melihat jalan, meskipun saya juga diundang.”

Orang ketiga yang mendengar percakapan kedua orang tersebut, berkata, ” tetapi, kalau saja kalian menyadarinya, kalian berdua mempunyai sarana untuk mencapai tujuan. yang buta bisa berjalan, yang lumpuh bisa digendong dipunggung. kalian bisa menggunakan kaki si buta, dan si lumpuh untuk menunjukkan jalan.” dengan cara itulah mereka bisa mencapai tujuan.

Dalam perjalanan, keduanya sempat berhenti disebuah warung lain. mereka menjelaskan keadaannya kepada dua orang lain yang duduk bersedih disana. kedua orang itu, yang seorang tuli,yang lain bisu. keduanya juga diundang ke pesta. yang bisu bisa mendengar, tetapi tidak bisa menjelaskannya kepada temannya yang tuli. Yang tuli bisa bicara, namun tidak ada yang bisa dikatakannya.

Kedua orang itu tak ada yang bisa datang ke pesta sebab kali ini tidak ada orang ketiga yang bisa menjelaskan kepada mereka bahwa ada masalah, apalagi menerangkan bagaimana cara mereka memecahkan masalah itu.

Dalam kehidupan, entah itu dalam berorganisasi,keluarga maupun bermasyarakan, kadang kita dihadapkan pada satu masalah, dan kita mempunyai banyak kekurangan, disitulah dibutuhkan seseorang yang mampu memberikan solusi, sehingga kekurangan kita dapat dicarikan jalan keluar, sehingga akan bisa saling mengisi kekurangannya.

Posted in: HIKAYAT