TANDA-TANDA AKHIR ZAMAN

Posted on Juni 2, 2010

0


by.reza fahlevi
Iman kepada hari akhir.
Beriman kepada tanda-tanda kiamat.itu ada 4:
1.Tanda-tanda kecil sudah terjadi dan tidak terjadi lagi
2.Tanda-tanda kecil sudah terjadi dan terus masih langsung terjadi
3.Tanda-tanda kecil yang belum terjadi dan pasti akan terjadi
4.Tanda-tanda besar
Tanda-tanda besar ada 10:
1.    Munculnya Dajjal.( Tentang makna al-masih pada diri dajjal,fitnah-fitnah dajjal,pengikut-pengikut dajjal,tentang ciri-ciri fisik dajjal,tentang kesaktian dajjal,serta tentang cara menghindari dajjal,yaitu:-Ta’awudz dari fitnah dajjal-Menjauhi sejauh-jauhnya apabila kita mendengar munculnya  dajjal-Membaca s.al-kahfi-apa bila memungkinBerlindung di mekkah dan madinah karena kedua kota itu dajjal tidak bisa masuk karena di jaga oleh para malaikat.
2.    Tempat Keluarnya Dajjal la’natullah ,berapa lama dajjal merajalela di muka bumi ini.

Dajjal akan mati pada hari ke-40 dari kehidupan atau keluarnya dajjal dari muka bumi  ini,dan satu-satunya yang bisa membunuh dajjal hanyalah  nabiyyullah Isa As.yang kelak pada akhir zaman turun ke muka bumi untuk membunuh dajjal.turunnya nabi isa ke bumi adalah salah satu tanda akhir zaman.

“Ketika tentara kaum muslimin sudah mempersiapkan perang melawan dajjal dan para pengikutnya  dan mereka kumpul di madinah,mereka sdh menyusun shaf/barisan ,tiba-tiba di qomatkanlah shalat  lalu turunlah isa binti maryam mengimami mereka ,ketika musuh allah/dajjal itu melihat isa as.melelehlah seluruh tubuhnya sebagaimana melelhnya garam kena air ,seandainya di biarkan begitu pastilah dia akan meleleh terus sampai binasa akan tetapi allah ingin membunuh dajjal dengan tangan nabi isa as,lalu Allah memperlihatkan darahnya kepada mereka “HR.Muslim).
“Imam kaum muslimin yg mempersiapkan perang melawan dajjal adalah seseorang lelaki yang shaleh ,ketika sang imam sudah maju memimpin shalat subuh tiba2 turunlah isa bin maryam kepada mereka ,lalu sang imampun mundur  agar isa as maju mengimami mereka tapi kemudian isa meletakan tangannya diantara kedua bahu imam itu,kemudian berkata majulah  shalatlah memimpin kami ,karena shalat ini telah di qomatkan untukmu,lalu sang imampun shalat mengimami mereka ,begitu selesai shalat isa berkata’’bukalah  gerbang pintu madinah dan di balik pintu gerbang itu ada dajjal  yang di ikuti oleh 70 ribu yahudi  semuanya sudah memegang pedang yg terhunus ,ketika dajjal melihat isa as maka tubuhnya pun meleleh seperti melelehnya garam kena air lalu dia pergi kabur lalu dikejar oleh isa sampai tiba di babul luth/pintu luth(sebuah pintu atau kota yang terkenal di Palestina yang merupakan tempat terbunuhnya dajjal)lalu isa bin maryam membunuh dajjal tersebut ,lalu Allah  pun mengalahkan orang-orang yahudi  yang mengikuti dajjal sampai semua orang2 yahudi kocar-kacir di kejar-kejar kaum muslimin sehingga di katakan ‘’tidak ada suatupun benda yg di ciptakan oleh Allah azza wa jalla yang dipake sembunyi oleh orang-orang yahudi  kecuali Allah membuat benda tersebut bisa berbicara baik itu pohon,dinding,maupun binatang kecuali pohon gurqud karena pohon itu adalah pohon yahudi ,mereka mengatakan:’wahai hamba alloh yang muslim ,ini yahudi ada di belakangku,kemari ..kau bunuhlah dia (HR.Ibnu Majjah) .
Pohon Gurqudah itu pohon berduri.
Siapakah dajjal itu? Apakah dia dari bangsa manusia atau dari bangsa jin?
Dajjal ini adalah person menurut ahli sunnah.
Dajjal ini adalah sebuah simbol menurut ahli bid’ah
Dajjal itu mandul,artinya tidak mempunyai keturunan.
Ada yang mengatakan itu picek/melihat dengan mata sebelah,artinya ketimpangan sosial.
Imam Nawawi mengatakan;hadis2 yg dijelaskan imam2 lainnya,tetntang benarnya keberadaan dajjal adalah sebuah person,karena dajjal memiliki kesaktian bisa menghidupkan orang mati,bisa menurunkan hujan,memiliki neraka dan surga,dsb.
Rosulpun pernah di kecoh oleh bentuk sebuah dajjal  karena bentuknya seperti dajjal yaitu ibnu shoyyad.
Ada yang mengatakan ,dajjal adalah salah satu dari bangsa jin yang di rantai oleh nabi sulaiman as.karena membangkang kepada Nabi sulaiman.
Kenapa di dalam al-quran ,dajjal tidak dijelaskan,kenapa Cuma ada di dalam hadis?hadis yang menjelaskan tentang dajjal sampai pada derajat mutawatir maknawi.Seperti halnya shalat al-quran membicarakan shalat tidak di jelaskan cara2 dan rakaatnya,begitu pulsa puasa,haji,semua tata caranya dijelaskan dalam hadis.kita wajib untuk meyakininya.
Munculnya ya’juz dan ma’zuj ini satu zaman dengan turunnya nabi isa as.setelah nabi isa as membeberkan ajaran islam.
Apakah dajjal akan di bangkitkan?dajjal akan di bangkitkan di hisab pada hari kiamat.
Bagaimana caranya kita mengetahui kapan turunnya dajjal?pertama  masa kemarau yg panjang,air tidak ada,makan nya saja hanya dengan takbir dan tahmid.
Ibnu shoyyad dicurigai sebagai dajjal oleh rosul karena fisiknya mirip dengan dajjal itu artinya dajjal adalah person.Ibnu umar meyakini ibnu shoyyad itu dajjal,ternyata ibnu shoyyad bukan dajjal.
Tidak boleh kita menjuluki sesama muslim dengan gelar dajjal,apapun gelar-gelar lain apalagi gelar-gelar syar’i.

TURUNNYA NABI ISA AS.

Tanda besar yang kedua adalah turunnya nabi isa bin maryam as.
Orang-orang yahudi sebenarnya belum membunuh nabi isa as,sekalipun mereka menclaime mereka telah membunuh.pada hakikatnya nabi isa as belum terbunuh,akan tetapi Allah menyerupakan orang dengan rupa nabi isa as itu lah yang terbunuh.
“Mereka tidaklah membunuhnya atau menyalibnya,tapi orang yg diserupakan nabi isa as….dst…
Allah mengangkat Nabi isa dan belum pernah turun lagi sampai sekarang dan belum adalagi ayat yg menjelaskan nabi isa as turun lagi ke bumi sampai munculnya dajjal.
Semua ahli kitab akan mengakui bahwa nabi isa adalah seorang nabi bukan anak tuhan,setelah dijelaskan oleh oleh nabi isa as kelak di akhir zaman.
Kapan nabi isa turun?beliau turun ketika kaum muslimin sudah terkepung oleh pasukan dajjal.
Nabi memimpin muslimin bukan memimpin shalat tapi memimpin perang  atas dajjal.
Wallahu a’lam bishawab……

Posted in: Artikel Tasawuf