TAFSIR YASIN DAN LANJUTAN SIRRUL JALIL

Posted on Oktober 23, 2010

0


GUS SANTRI
muhammadmubarok17@gmail.com

Assalamu’alaikum wr wb.
Kali ini saya akan menyampaikan dua hal. Pertama, apa maksud dari YASIIN, ayat ke satu dari surat yasin? Sebagai tambahan pengetahuan yang mudah-mudahan menjadikan lebih terbukanya hati kita akan hikmah al-qur’an yang mulia. Keterangannya saya ambilkan dari kitab klasik pesantren (kitab kuning), kitab tafsir yasiin. Kedua, saya akan melanjutkan penjabaran kitab sirrul jalil yang sudah saya ijazahkan beberapa bulan lalu.
Apa makna YAASIIIIIIN (Sengaja saya tulis YAA karena dalam tajwid dibaca 2 harakat atau 1 alif. Dan saya tulis SIIIIIIN, memakai I enam kali, karena dibaca mad lazim harfi mukhoffaf yang wajib 6 harakat atau 3 alif)? Jawabannya, hanya ALLAH-lah yang paling tahu maksud sebenarnya. Tetapi ada lima pendapat disampaikan ulama tafsir untuk sedikit membuka tabir itu. Tentunya kelima pendapat itu tidak asal-asalan dan pastinya mempunyai dalil yang kuat.

1. YAASIIIIIIN adalah singkatan YAA INGSAANU (saya tulis INGSAANU dengan NG karena bacaan ikhfa’). Artinya, Wahai Manusia. Yang dipanggil adalah Nabi Muhammad SAW. Jadi maksudnya adalah “Wahai Muhammad..!”. Dan panggilan itu akan kita fahami dengan sempurna dengan melihat ayat selanjutnya.
“Wahai Muhammad..! Demi al-qur’an yang penuh hikmah. Sungguh, engkau termasuk dari para rasul”

2.YAASIIIIIIN adalah singkatan YAA SAYYIDAL MURSALIIN. Artinya, Wahai Pemimpin Para Rasul (para utusan Allah SWT). Ini juga panggilan atau sapaan kepada Nabi Muhammad SAW.

3. YAASIIIIIIN adalah salah satu nama dari al-qur’an.

4. YAASIIIIIIN adalah nama salah satu surat dari al-qur’an.

5. YAASIIIIIIN adalah salah satu nama dari nama-nama ALLAH.

ALLAH itu mempunyai 4000 nama. 1000 nama tidak ada yang mengetahuinya kecuali DIA sendiri. 1000 nama lagi tidak ada yang mengetahuinya kecuali para malaikat. 1000 nama lagi tersimpan di dalam LAUH MAHFUDZ. 300 nama disebutkan di dalam kitab injil. 300 nama di dalam kitab taurat. 300 nama lagi di dalam kitab zabur. Masih sisa seratus. Nah 100 nama ALLAH ini disebutkan di dalam kitab suci kita al-qur’an. Dari 100 itu, 99 nama-NYA telah kita kenal sebagai ASMA’UL HUSNA. Tinggal satu saja yang terakhir. Satu itu disebut dengan ISMUL A’DZOM yang berarti Nama Yang Teragung. Tidak ada yang mengetahuinya dengan pasti kecuali para nabi dan rasul. Tapi yang jelas, satu itu tersebut di dalam al-qur’an. Dan banyak sekali pendapat ulama mengenai ISMUL A’DZOM ini.

Berikutnya akan kami jabarkan dan kami ijazahkan kepada Semuanya wirid ke sembilan dari 14 wirid pada BAB I Sirrul Jalil, dana ghoib. Ini adalah termasuk ilmu simpanan para wali, maka mohon, kalau mau mengamalkan, diukur dirinya sendiri. Kebersihan hati dan niatnya. Saya tidak rela kalau Saudara menjadi malas bekerja dan ogah-ogahan, selalu berharap dana ghoib. Bekerjalah dengan tekun dan berdoalah. Kemudian tunggulah dengan sabar sampai pintu-NYA terbuka bagi Saudaraku.

Amalan dana ghoib:
1. hASBUNALLOHU WA NI’MAL WAKIIL 4500x
2. Membaca doa di bawah ini 313x:

ALLOOHUMMA YAA KAAFII IKFINII NAWAAIBAD DUNYAA WA MASHOOIBAD DAHRI WA DZULLAL FAQRI.
ALLOOHUMMA YAA GHONIYYU AGHNINII BI GHINAAKA ‘AMMANG SIWAAKA WA BIJUUDIKA WA FADHLIKA ‘AN KHOLQIKA.
FA INNAKA QULTA WA QOWLUKAL hAQQUL MUBIIN: UD’UUNII ASTAJIB LAKUM. DA’AWNAAKA KA MAA AMARTANAA. FASTAJIB MINNAA KA MAA WA’ATTANAA.
ALLOOHUMMA YAA MUGHNIYYU AS ALUKA GHINAD DAHRI ILAL ABADI.
ALLOOHUMMA YAA FATTAAhU IFTAh LII BAABA ROhMATIKA, WASBUL ‘ALAYYA SATRO ‘INAAYATIKA, WA SAKHKHIR LII KHOODIMA HAADZIHIL ASMAAAAA I BI SYAI IN ASTA’IINU BI HII ‘ALAA MA’AAYISYII WA AMRI DIINII WA DUNYAAYA WA AAKHIROTII WA ‘AAQIBATI AMRII. WA SAKHKHIRHU LII KA MAA SAKHKHORTAR-RIIhA WAL-INGSA WAL-JINNA WAL-WAhSYA WATH-THOIRO LI NABIYYIKA SULAIMAANAB-NI DAAWUUDA ‘ALAIHIMAS-SALAAM.
WA BI AHYAA SYAROOHIYAA ADUUNAAYA ASHBAAWUTA AALA SYADAAYA.
YAA MAN AMRUHUU BAINAL KAAFI WAN-NUUNI. INNA MAA AMRUHUU IDZAA AROODA SYAI AN AY-YAQUULA LAHUU KUNG FA YAKUUN. FA SUBhAANAL-LADZII BI YADIHII MALAKUUTU KULLI SYAI IW-WA ILAIHI TURJA’UUN.

Amalan di atas dilakukan setiap tengah malam sampai berhasil. Tidak ada ketentuan berapa hari. Apabila niatnya benar-benar ikhlas maka khodam asmak hASBUNALLOHU WA NI’MAL WAKIIL akan datang membawakan nafkah (uang) yang lebih. Kadang-kadang nafkah (uang) itu ditemukan setiap pagi di bawah bantal. Setidaknya, pengamal rutin (istiqomah)wirid ini akan takjub dengan lancarnya rezeki yang mengalir. Mudah-mudahan ini bermanfa’at dan barokah bagi kita semua dengan izin dan ridho ALLAH SWT.Amin. Wassalamu’alaikum wr wb.
sumber:http://wongalus.wordpress.com/2010/10/23/tafsir-yasin-dan-lanjutan-sirrul-jalil/

About these ads
Posted in: AMALAN GOIB